1001 Ngekost


Ngekost adalah pengalaman luar biasa yang pernah saya alami. Saat ini saya masih ngekost di salah satu kost-kostan di Jogjakarta. Nah disini saya akan berbagi Tips tentang ngekost

TIPS MEMILIH KOST-KOSTAN

  1. Lihat kondisimu. Jika kamu tidak membawa alat transportasi semacam motor, mobil, becak, atau jet pribadi, lebih baik pilih kost yang dekat dengan kampus/ sekolahmu agar bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Lain halnya jika kamu membawa alat transportasi, maka kamu bisa mencari yang agak jauh dari kampus/sekolahmu.
  2. Pilih lokasi kostan yang ramai. Setidaknya kanan kiri ada tetangga dan sering ada penjual makanan lewat. Jangan memilih kostan yang berada di dalam hutan belantara yang disana terdapat gubuk kosong yang konon berhantu. Pilih juga yang akses menuju tempat kebutuhan mahasiswa gampang, misalnya dekat dengan fotokopian, tempat makan, laundry, warung kelontong, rental komik/dvd, dan tempat ngeprint.
  3. Pilih kostan yang aman. Yang ada penjaganya atau ibu kostnya. Yang tidak terlalu terbuka karena akan sangat mudan diakses oleh maling.
  4. Pilih kostan yang bersih. Saya termasuk orang yang sensitif dengan tingkat kebersihan kamar mandi dan beberapa orang mungkin juga, maka pilihlah yang kamar mandinya bersih dan yang pembantunya rajin ngebersihin kostan.
  5. Pilih kamar yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan nyaman. Kamar yang nyaman akan berpengaruh terhadap prestasimu di Kampus.
  6. Bagi kamu yang ingin selalu uptodate dalam perkembangan informasi, lebih mudah dalam mencari tugas kuliah, pilih kost-kostan yang menyediakan wifi. Resikonya adalah harga sewanya lebih mahal karena harus bayar biaya internet.
  7. Jika kamu adalah orang yang suka privasi terhadap pemakaian kamar mandi, pilih kamar yang kamar mandinya di dalam. Resikonya kamu harus bersihin sendiri. Kalau kamu tipe seperti saya yang tidak percaya akan kemampuan diri sendiri dalam membersihkan kamar mandi, lebih baik cari yang kamar mandinya di luar. At least, kalo gak ada pembantu buat ngebersihin kan ada jadwal antar anak kos buat ngebersihin kamar mandi.
  8. Cari yang sesuai budget per bulan. Biasanya semakin jauh dari kampus, kamar kost yang disewakan akan semakin murah dengan fasilitas yang banyak. Sementara semakin dekat dengan kampus, sewanya lebih mahal dan fasilitasnya sedikit.
  9. (Penting!) Jika kamu muslim pastikan kostanmu tertutup untuk lawan jenis! jaman sekarang banyak kost-kostan yang lawan jenis boleh masuk. Untuk lebih amannya, pilih jenis kostan muslim/muslimah karena sudah pasti lawan jenis dilarang masuk.
  10. Jika kamu adalah mahasiswa sibuk yang suka pulang larut malam karena harus melembur tugas di kampus, pilih kostan yang tidak ada jam penutupan gerbang dan memperbolehkanmu menduplikat kunci pintu gerbang. Ini penting lho, jangan sampai kamu harus ngemper gara-gara kamu pulang kemaleman dan gak bisa masuk ke kamarmu sendiri. Tapi tentu saja kamu harus mempergunakannya dengan bertanggung jawab.
Nah, itu dia sedikit tips dalam mencari kost-kostan. Jika kurang, saya mohon maaf. Nanti akan saya share lagi tips-tips berkaitan dengan dunia ngekost.

-salam ngekost-

Komentar

Postingan Populer