Cerita Positif Covid-19


Jadi, dikarenakan saya mau pulang kampung, sesuai prosedur perjalanan, saya melakukan tes PCR dalam keadaan sehat. Kenapa PCR? kenapa bukan Swab Antigen? Tentu saja karena saya lebih yakin dengan hasil PCR karena kalau Swab Antigen hasilnya reaktif pun akan diminta untuk melakukan PCR. Daripada keluar duit double mending sekali tes aja. Lagian prosedur swab ini kan ga enak banget.

Ngambil tes yang same day, lumayan juga harganya tapi gapapalah. Jam 8.30 tes, jam 5 sore hasilnya keluar : Positif Covid 19. Sempet hah heh hoh hah heh hoh dulu, setelah sadar ga lama langsung menghubungi dokter kantor menceritakan apa yang terjadi, nelpon bos kantor untuk ngabari dan tracing kontak erat, nelpon adek buat stock ransum, nelpon tetangga yang juga temen kantor yang pernah kena covid juga untuk tips and tricknya, dan ngabarin temen yang kontak erat.

Nah gue ini termasuk OTG alias orang tanpa gejala. Penciuman normal, indera perasa normal, suhu normal. Nafsu makan normal juga. Setelah gue ceritakan ke dokter kantor, gue diminta untuk isolasi mandiri di rumah. Gue sempet nanya juga bisa ga ya gue isoman di hotel atau wisma atlit biar makan gue terjamin. Kata bu dokter, diusahakan untuk nyari hotel untuk isoman karena gue OTG. Wisma atlit dan rumah sakit hanya diperuntukkan untuk orang dengan gejala.

Tetangga gue yang survivor covid-19 menyuruh gue lapor pak RT untuk diprovide segala macam kebutuhan pengantaran paket-paket gue ke atas dan kalau gue mau mobilitas ke bawah untuk berjemur (Gue tinggal di apartemen btw jd protokolnya beda). Gue dikasih banyak obat-obat dan vitamin dari temen gue itu beserta tips and trick yang harus gue lakukan selama isoman.

Adek gue, besoknya ngirim segala macam perbekalan. Sama adek gue juga gue diskusi ini gimana cara ngomong ke ortu biar ga kepikiran karena kondisi gue sebenarnya baik-baik saja. Akhirnya gue ngomong sih sambil ngayem-ayem.

Mulailah per hari sabtu gue menjalani isoman di rumah. Gue yang lagi dalam mood males masak sampe 2 minggu dapur gue bersih mulai mengotori dapur demi gue bisa makan sehari 3 kali. Nah untungnya sebelumnya gue udah nyetok sayur mayur buat bekal bikin nabe. Kepake juga itu sayur mayur. Dengan segala macam kreativitas, gue berfikir membuat menu seimbang karbo-protein-sayur tapi bisa dimakan sama gue yang gabisa makan sayur. Cukup menantang sih dan bikin capek karena setiap kali gue abis makan, gue harus mikir menu apalagi yang harus gue siapin. Gue harus prepare motong-motong bahan. Belum lagi cucian piring yang menumpuk.

Dan setelah follow up dari puskesmas pademangan, gue akhirnya di acc untuk pindah isoman di Hotel Pop Kelapa Gading per rabu malam. Alhamdulillah karena gue ngga perlu mikir lagi makannya gimana karena makan terjamin 3x sehari. 

Untuk obat, gue dikasih beberapa macam obat dari Dokter Kantor dan Teman tapi Tetangga gue. Ada Methisoprinol, Vitamin D, Zinc, Suplemen. Lalu gue dikasih obat kumur sama teman tapi tetangga. Agak susah juga gue kumur dengan 100% obat kumur. Akhirnya gue encerin dulu pake air. Terus gue disarananin untuk minum madu. Gue sebenernya ga terlalu suka madu karena terlalu manis. Gue coba minum madu asyifa dari kantor, manis banget dan eneg banget. Akhirnya Pak Mantan Bos gue mengirimkan Manuka Honey. Setelah gue coba, enak hahaha. Beda sama madu tadi dan ga enek sama sekali.

Kerjaan gue selama isoman ya masih kerja sih sambil diselingi baca komik sama nonton drakor. Yang penting sebenernya gimana naikin imum tubuh dengan nggak stress. Gue sempat berada di fase insecure sih karena gak bergejala. Gue bingung sebenernya gue ini sakit engga sih? atau jangan-jangan gue happy hipoxia. Gue selalu ngecek oksigen saturasi gue dengan alat yang dipinjemin sama Teman tapi Tetangga gue. Alhasil, hari ketiga isoman, suhu gue 37,2 deg C. Langsung gue konsul ke dokter kantor. Diminta minum penurun panas dan istirahat. Besoknya demam gue hilang dan ya sehat lagi. Memang ini penyakit mental sih ya. Kuncinya gimana naikin imun tubuh, less stress dan happy happy aja.

Alhamdulillah walau jauh dari orang tua, banyak yang bantuin gue survive selama isoman di rumah. Temen-temen kantor ngirimin ransum perbekalan, suplemen, memantau kondisi gue dan menyemangati agar cepat sembuh. 

Setelah sepuluh hari isoman (3 hari di Rumah, 7 Hari di Hotel), akhirnya gue dinyatakan boleh pulang. Sesuai protokol kementerian kesehatan bahwa untuk pasien tanpa gejala dan gejala ringan, setelah 10 hari diperbolehkan pulang tanpa melakukan swab lagi namun setelah itu tetap mematuhi protokol kesehatan. Akan tetapi karena kantor mewajibkan untuk melakukan swab sampai hasil negatif untuk mencoret diri dari list pegawai yang positif covid, akhirnya gue melakukan test sendiri.

Dari sini gue belajar bahwa, ini adalah akibat dari kelalaian gue dan sikap sedikit menyepelekan gue terhadap virus covid ini. Gue mematuhi aturan pakai masker dan mecuci tangan, tapi gue masih mobile dengan angkutan umum (karena ga punya kendaraan pribadi dan lebih murah daripada bolak balik ngegocar) dimana kalau pagi, kereta kan suka penuh. Tapi ya gatau juga ding gue ketularan dimana. Bisa jadi pas gue ngemall atau lagi apes buka masker ketemu orang yang positif. 

Tetap sehat dan semangat! Happiness boost your immune!

Komentar

Postingan Populer