10 Tahun AADC


Saya juga nggak tahu persisnya kapan, tapi mendadak teman saya ngajakin nonton AADC karena sedang peringatan 10 tahunnya.

AADC atau Ada Apa Dengan Cinta merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang Cinta (Dian Sastro) cewek SMA yang populer dengan si pendiam penyuka sastra, Rangga (Nicholas Saputra). Awalnya dimulai dari kebencian Cinta terhadap Rangga yang sok cool namun semua berubah ketika Rangga menjatuhkan buku Aku karya Sumandjaya. Kecintaan keduanya terhadap sastra lama membuat keduanya lambat laut menjadi dekat.

AADC bagi saya merupakan film yang sangat berkesan karena ketika itu,di bioskop Indonesia sedang kering film-film yang berasal dari negeri sendiri. AADC hadir dengan cerita yang remaja SMA banget sehingga banyak sekali penduduk Indonesia yang menonton. Bisa dibilang film ini merupakan ikon bangkitnya kembali perfilman nasional. Saya sendiri sudah belasan kali menonton film ini sampai hapal adegan dan beberapa dialognya. Dialog yang berkesan antara lain,

"Basi!! Madingnya udah siap terbit!!"
"Jadi kalo lo nggak punya temen itu salah siapa? salah gue?? salah temen temen temen gue??"
"Kirain cuma baca bacaan penting doang, Karya Sastra."

Dan bagian yang menarik adalah puisi Rangga yang sebenarnya ditulis oleh Rako Prijanto yang kemudian sangat populer. Salah satunya adalah puisi yang membuat Rangga menang lomba puisi sekolah.

Kulari ke hutan kemudian menyanyiku
Kulari ke pantai kemudian teriakku
Sepi… sepi dan sendiri aku benci
Ingin bingar aku mau dipasar
Bosan aku dengan penat
Enyah saja engkau pekat
Seperti berjelaga jika kusendiri
Pecahkan saja gelasnya biar ramai
Biar mengaduh sampai gaduh
Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang ditembok keraton putih
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya biar terdera
Atau aku harus lari ke hutan belok ke pantai

Kemudian yang sangat diingat tentu saja soundtracknya yang digubah dan dinyanyikan oleh Melly Goeslaw yaitu "Ada Apa Dengan Cinta", "Suara Hati Seorang Kekasih", "Denting","Kubahagia", dan masih banyak yang lainnya.

Bagi saya film ini adalah salah satu film Indonesia yang patut ditonton karena ceritanya yang bagus, akting bintang-bintangnya yang luar biasa, sinematrogafinya yang indah dan tentu saja karena film ini adalah salah satu film Indonesia yang bermutu.




Komentar

Postingan Populer