AFAID 2015 : How to Enjoy It by Yourself

Tanggal 27-29 September ini ada event yang sangat ngehits di kalangan otaku dan pecinta Jejepangan yaitu Anime Festival Asia Indonesia aka AFAID 2015. Sebagai pecinta Jejepangan, pergilah saya sendirian ke event tersebut yang diselenggarakan di JI Expo Kemayoran. Yup sendirian karena sangat sulit menemukan partner untuk diajak jalan ke acara beginian di circle pertemanan Jakarta saya.

Saya akan membagikan cerita (atau tips) bagaimana menikmati AFAID 2015 sendirian dengan modal tiket Exhibition buat kamu-kamu yang nggak pecinta anime banget kaya saya. Oke mungkin masih relevan buat besok, tapi mungkin ga relevan buat tahun depan. Tak apa-apalah. Let's Start!

1. Antri tiket adalah salah satu problematika. Walaupun antriannya ga panjang-panjang amat, tapi Kemayoran panas buanget! Sedia sesuatu buat kipasan dan tissu buat elap-elap keringat dan bedak yang luntur (asal alis tetap setrong!)

2. Didalam padet banget kaya Thamrin City pas mau Lebaran. Apalagi bagian yang jual-jual merchandise, yang bisa dilakukan adalah mengikuti arus. Kalau ga tahan mending ga usah kesana deh kecuali emang mau berburu poster Love Live!

3. Beli hiasan kepala yang lucu dan strolling around. Disini kamu ga akan dibilang aneh pake bando kucing atau topi jerami Luffy karena disini orang-orang bajunya juga lebih heboh dari kamu. Btw saya pengen banget itu topi Tony Tony Chopper tapi karena ga cocok pas dipakai saya yaudah akhirnya ga jadi beli.

Neko Hat for Strolling Around
4. Beli Lightstick buat nonton di panggung yang ada di area exhibition atau artis yang datang di booth tertentu. Beli yang sekali pakai 50ribu dapat 3. Patungan ama orang lain buat beli kalau ga punya temen.

Melu Hore
5. Mampir ke Boothnya Canon karena disitu ada foto gratis dan dicetakin. Lumayan kan buat kamu yang sendirian kesana daripada selpih selpih sendiri tangan pegel. paling gak ada memorabilia foto satu badan. Fotonya juga enggak dibatasin berapa banyak kok. Tadi ada mas-mas juga bawa foto segepok. Foto dia ama temen-temennya semua.

Hasil dari booth Canon
6. Booth Batik Yukata menyediakan foto Yukata gratis dengan cara mengisi angket terus nanti bisa foto pake Yukata. Bisa minta tolong ke mbaknya buat motoin atau simbiosis mutualisme, kita fotoin orang lain dan kita minta tolong orang itu buat motoin kita.

Yamato Nadeshiko 
7. Booth NHK World bisa ikutan lomba menggambar Domo dan bisa ikut foto mengkartunkan dirimu! Caranya isi angket terus ikut undian puteran yang kaya di Supermarket di Jepang kalau diputer yang keluar bola berwarna, kamu bisa dikatunisasikan. Dan Bingo! saya dapet bola merah. Foto nanti akan dikirim ke email masing-masing.

8. Ada booth makanan untuk menyelamatkan perut yang lapar. Ada Yakisoba, Takoyaki, Okonomiyaki, Bento, dan ada Yoshinoya.

9. Nonton pertunjukan di Stage. Walaupun ga ngerti-ngerti amat artis sama lagunya, kalau hore-hore bareng banyak orang sambil ngacung-ngacungin lightstick seru juga kok.

Exit Tunes
Masih ada yang lain juga sih kaya nyobain Oculus Rift, ke Maid Cafe atau Butler Cafe (Maid dan Butlernya orang Indonesia lho ya), poto-potoin orang-orang Cosplay, ngeliatin Action Figure sambil ngiler kaya saya yang ngiler Action Figurenya Mikasa Ackerman

Action Figurenya Mbak Mikasa Ackerman 
Akhir kata, AFAID 2015 adalah salah satu event yang asik buat dikunjungi. Ga ada salahnya kesana buat menghabiskan akhir pekan. Kalau banyak duit, bisa beli tiket Exhibition and Stage jadi bisa nonton band dan singer Jepang, talkshow ama Seiyuu. Kalau banyak waktu bisa disempetin mampir Jakarta Comic Con 2015 yang letaknya sebelahan dengan AFAID. Kalau ga salah sih ada tiket bundlingnya juga untuk kedua event tersebut.

Hasil perburuan AFAID2015
Sampai jumpa di AFAID tahun depan!!

Komentar

Postingan Populer