Men Suit

Nah kali ini saya mau ngebahas hal yang lain. Tapi tentu saja masih dalam ranah kesukaan saya.

Saya sangat suka dengan pria-pria yang memakai suit karena mereka jadi terlihat lebih rapi. Tentu saja ada banyak kombinasi dalam memakai suit dan segala aksesorisnya. Ada yang saya suka dan saya gak suka.  Jadi kali ini saya mau kasih lihat saya sukanya yang gimana sihhh...


Setelan jas (bahasa Inggris: suit) atau hanya disebut setelan sedikitnya terdiri dari sebuah jas dan sebuah celana panjang yang dibuat dari kain yang yang sama. Berdasarkan jumlah bariskancing di bagian depan, jas terdiri dari jas kancing sebaris (single breasted) dan jas kancing dua baris (double breasted) (Wikipedia, Jas,http://id.wikipedia.org/wiki/Jas diakses 7/2/2012 jam 1.41)



[eniwei, FYI bahwa saya bukan major dalam desain, apalagi anak desainer, atau kritikus desain di majalah mode ternama, cuma pengen sih jadi model cover VOGUE. Jadi isinya ini cuma senengannnya saya gitu. Sebenernya saya sendiri adalah (calon) engineer. Engineer ngomongin mode? woooh jangan salah, saya adalah engineer lintas ilmu. 2012 getooo engineer juga perlu tau mode.]

Kalo ngomongin suit, hal yang terlintas di pikiran saya ada 3. Neal Caffrey, Boyband Korea, dan Dion Idol. Ketiga hal itu adalah orang/sekumpulan orang yang sering saya lihat di layar kaca memakai suit dengan gaya yang bagus. Kalau dalam dunia nyata sih saya gak pernah bisa lihat hal semacam ini, bahkan di prom night yang rata-rata cowoknya masih pake jas kegedean dan celana kegedean.

Neal Caffrey, si tokoh utama dalam White Collar dapat dijumpai di kebanyakan dari eps. series tersebut dia memakai suit (yaiyalah, judulnya aja White Collar). Si Brilliant Criminal ini dalam 2 episode awal yang baru saya tonton aja udah look gorgeus dalam balutan suitnya.

poster white collar, love his blue tie,
rather than criminal, he looks like a CEO
saya sih ga suka warna jasnya. tapi dasinya
bagus, gak terlalu besar
dengan vest (atau apalah itu) jadi tampak
seperti bangsawan
Faktor tampang juga mempengaruhi. Matt Bomernya emang udah cakep dari sononya (unfortunatelly, he is gay *nangis di pojokan kamar) 

Cowok-cowok korea juga ga ketinggalan lho untuk berdandan ala bussines man ini. Walaupun pekerjaan utama mereka nyanyi sambil joget-joget, tapi penampilan harus nomer satu. Setelah tampang cakep unyu-unyu dan badan bagus, kalau bajunya kayak gembel juga siapa sih yang mau lihat.

Korean Boyband dan Suit biasanya saya langsung menunjuk 2PM. Si beast idol ini di MV I'm Your Man dan One Day yang bareng 2AM di seluruh MVnya full pake suit. Kalau mau ngemention lagi yang saya tahu sih MV Sorry-Sorry Answernya Super Junior. 

I'm your man - 2PM
2PM mengenakan 3 jenis Suit untuk MV I'm Your Man. Yang pertama kombinasi jas hitam, kemeja putih dan dasi. Yang kedua all black suit (istilah yang kubuat sendiri ini, mengacu pada warna hitam dari semua bagian suit). Untuk yang terakhir adalah jas putih. Kalau saya sendiri sih lebih suka yang All Black suit karena terkesan lebih macho daripada 2 jenis suit yang lain.

Penampakan All Black Suit
One day - One day (2PM&2AM)

Sorry,Sorry Answer - Super Junior
Dion Idol dalam penampilan di panggung spektakuler Indonesian Idol beberapa kali dia terlihat memakai suit. Kebanyakan vest dengan dengan kemeja + dasi tanpa jas. Kadang juga pake jas dan vest kaya bangsawan eropa. Penggunaan kostum semacam ini karena emang jenis lagu yang biasa dia bawakan berirama swing (kata Ahmad Dhani sih gitu) yang kalau di dengar membuat kita teringat dengan teater broadway. Tapi kebanyakan suit Dion saya gak terlalu suka, menurut saya sih terlalu formal banget. Malah saya lebih suka gayanya Daniel, si Host. Tiap ngeliat Dion itu rasanya saya pengen ngajak ke toko terus milihin buat dia. (saya susah cari gambar dia yg pake suit bangsawan)
lengkap pake vest juga
Jadi seperti apa sih kombinasi Suit yang bagus menurut saya. Hmm... jadi kira-kira gini nih kombinasinya

yang sederhana kaya gini 
all black with black tie


all black with black bow-tie
all black w/o tie dan kancing paling atas dibuka

Nah, kalau kombinasi diatas akan lebih bagus jika ada syarat-syarat batas (cieh, sekalian boundary condition aja kalee) seperti dibawah ini (syarat batas ini juga lagi-lagi sebuah relativitas lho, menurut saya sih seperti ini)

  1. Badan harus bagus dulu. minimal perutnya rata. Muka ga perlu ganteng asal badan bagus. Kan suitnya dipake di badan bukan muka
  2. Kemejanya sih kalo bisa yang tipe muscle, tapi jangan ngepres banget. 
  3. Kalo kemeja beres, jasnya harus yang fit badan. Jangan yang kedodoran.
  4. Celananya juga jangan gombrong. Malu ama jas dan kemeja.
  5. Sepatunya mengkilat. Jangan sekali-kali berpikir untuk memakai sneakers.
Jadi kesimpulannya, dari sekian kombinasi sebuah suit yang dapat dibuat melalui jas, kemeja, celana, dan dasi maka menurut saya kombinasi terbaik adalah yang dipakai Hugh Jackman (all black w/o tie dan kancing paling atas dibuka)

Sekian dan terima kasih. Jika ada yang gak setuju, gak masalah karena di dunia ini gak ada yang pasti kecuali ketidakpastian itu sendiri (Albert Einstein). Termasuk juga dalam masalah selera. Have a nice weekmid!

Komentar

Postingan Populer