KKNBATAM (2) Namanya : BOAT PANCUNG


Belakang Padang adalah sebuah pulau yang terletak beberapa kilometer dari pulau Batam. Satu-satunya angkutan yang dapat menjangkau pulau tersebut adalah sebuah sampan yang lumayan besar dengan motor di belakangnya. Mirip speedboat, versi lebih sederhana.




Boat pancung yang sedang tidak beroperasi
Naik boat pancung adalah pengalaman tersendiri bagi saya karena saya jarang naik angkutan laut. Boat pancung dapat dinaiki maksimal oleh 10 orang belum termasuk tukangnya. Boat pancung dapat melaju dengan kecepatan sekitar 40km/jam. Ngeri kalau jatuh ke laut? Tenang saja, di kapal ini dilengkapi safety guard yang standar macam ban pelampung sama rompi pelampung yang tentu saja jumlahnya terbatas.

Sistem naiknya sama kaya angkot, nunggu penumpang penuh dulu baru diberangkatkan. Tariff boat pancung dari pelabuhan sekupang ke belakang padang adalah Rp 10.000,- sekali jalan. Boat ini menjangkau kepulauan belakang padang dan pulau-pulau kecil disekitarnya seperti pulau sambu, pulau pemping, dan lainnya.
 
Pemandangan dari boat pancung
Kalau kalian bertanya apakah boat pancung menjangkau Singapore secara belakang padang itu lebih dekat ke Singapore dari pada harus repot2 jalan ke sekupang. Jawabannya adalah tentu saja tidak. Pertanyaan bodoh macam apa itu? *evil*. Hal ini sebenarnya dikarenakan pelabuhan utama di batam adalah sekupang dan batam harbor yang terdapat check point imigrasinya dan ada feri resminya (semacam penguin dan batam fast).



Komentar

Postingan Populer