New Season : About Liverpool

Wah...akhirnya setelah piala dunia berakhir, saatnya untuk menyambut musim baru. bukan musim duren atau musim mangga.

tapi New Season (musim) of football!! (background orang tepuk tangan).

Di season 2010 saya akan kembali menjagokan :

(jeng jeng jeng jeng >>> jangan penasaran)

Yup


LIVERPOOL FC

sekilas ttg liverpool :

Klub ini didirikan oleh John Houlding, seorang pengusaha dari Merseyside pada tahun 1892 akibat berseteru dengan Everton FC, klub yang berasal dari Merseyside juga. Konflik itu dikarenakan Houlding menaikkan harga sewa stadion yang dimilikinya sehingga membuat Everton memilih untuk pindah markas dari Anfield menjadi Goodison Park.

john houlding, kumisnya baplang

Liverpool telah memegang 18 gelar liga inggris, 5 kali juara liga champion (terbanyak di Inggris) , 7 kali piala FA , 7 kali piala liga (carling cup) dan 5 kali community shield. Tapi liverpool belum pernah sekalipun mengangkat piala sejak Premier League bergulir 20 tahun yg lalu.

Lambang liverpool adalah Liverbird (burung liver), burung legenda dari kota liverpool. Warna kostumnya merah-merah sehingga dijuluki The Reds
liverbird

lagu kebangsaan para suporternya adalah You'll Never Walk Alone

pintu gerbang bertuliskan YNWA

Stadion Liverpool adalah Anfield dimana terdapat sebuah tempat bernama The Kop. Di depannya ada patung Bill Shankly, manajer legendaris liverpool.






















anfield from top



di lorong tempat pemain keluar ada tulisan "THIS IS ANFIELD"

Konon tulisan ini punya magis luar biasa. Ketika pemain memegang tulisan ini sebelum bertanding, maka akan menambah semangat mereka ketika bertanding.

Magis lain adalah di anfield ada the kop. Itu adalah sebutan untuk tribun liverpudlian yang selalu bernyanyi sepanjang pertandingan dikala timnya kalah maupun menang. Atmosfer fanatisme inilah yang membuat beberapa pemain lawan menjadi keder ketika bermain di anfield.


Pertandingan yang tak terlupakan, tentu saja Istanbul 2005, Final Liga Champion 2004-2005 yang mempertemukan liverpool dengan AC milan di Istanbul Turki. Saat itu di babak pertama The Reds ketinggalan 0-3 dari AC milan. Tetapi pada menit ke 54 semuanya berubah berkat tandukan sang kapten Steven Gerrard yang membawa Inspirasi kemenangan bagi Liverpool. Akhirnya Pool dapat mengejar ketertinggalan menjadi 3-3 dan mereka menang adu pinalti sekaligus merengkuh gelar ke 5 liga champion.

pas menang LC 2005 (ce: gerrard, ri:riise,le:?(maybe zenden or garcia))

Rival Utama Liverpool :



Manchester United.

Jelas!! karena mereka yang sama2 merah. Pada tahun 70an dan 80an saat liverpool menguasai liga, MU justru lagi bagus2nya di piala FA dan liverpool mulai menganggap MU sebagai musuh serius Liverpool (CMIIW karena tahun mgkn krg tepat cuma tau alesannya aja)










Everton.

Mereka masih berebut title yang terbaik di Merseyside dan Derby (pertandingan antar klub sekota) Merseyside adalah derby terpanas di arena EPL dan kedua di Inggris Raya (hanya kalah dengan derby Glasgow antara Celtic vs Ranger)








Pemain Bintang saat ini :


Steven Gerrard

kapten sekaligus legenda hidup dan inspirasi seluruh pemain Liverpool. Dia adalah setengah nyawa dari Liverpool FC. Bertugas sebagai playmaker dalam tim. Kadang diplot sebagai second striker, pemain sayap, ataupun gelandang bertahan. Bisa dibilang Steven Gerrard adalah pemain paling komplit di dataran Inggris karena kemampuan menyerang dan bertahannya yang sangat baik.

merupakan hasil didikan asli akademi Liverpool satu angkatan dengan Jamie Carragher. Keahliannya adalah visi, umpan akurat, bola mati, dan tendangan jarak jauh.

Fernando Torres

Striker yang dibeli dari Atletico Madrid tahun 2007 mengenakan nomer legendaris Liverpool, 9 yang dimiliki sebelumnya oleh legenda Liverpool, Robbie Fowler dan Ian Rush.

Tahun 2007, keinginannya membela liverpool terkuak ketika di band captainnya yang jatuh ke tanah tertulis kalimat "We'll Never Walk Alone" saat atletico melawan real socieded.

Torres termasuk striker haus gol. dimusim pertamanya di liverpool dia mencetak lebih dari 30 gol. sebuah pencapaian luar biasa pada musim pertamanya.

Joe Cole

Pemain ini didapatkan musim ini dengan free dari Chelsea. Jika tidak cedera Joe Cole adalah pemain sayap dengan kecepatan luar biasa dan umpan terukur.

semoga musim ini dia membawa kejayaan bagi Liverpool.


Closing

Walaupun Liverpool sering dihina-hina dan dikatain Loserfool, saya akan tetap mencintai Liverpool disaat susah maupun senang. Apalah arti fans, hooligans kalau hanya mencintai klub ketika mereka masih jaya dan memenangkan banyak trofi. Dan tidak ada salahnya mencintai klub yang musim lalu hanya menempati peringakat 7 klasemen akhir padahal biasanya nongkrong di empat besar.

Alasan saya menyukai Liverpool karena klub ini mempunyai sebuah sejarah yang sangat besar, inspirational, mengejutkan, dan tentu saja fanatisme dari fansnya yang luar biasa. Disaat senang maupun susah selalu bernyanyi dan bernyanyi untuk tim kesayangannya. (selain itu saya ngefans sama Steven Gerrard. hohohoho)

Semoga, seperti harapan jutaan liverpudlian di luar sana, Rezim Roy Hodgson mampu membawa kembali kejayaan liverpool seperti di masa Bill Shankly dan Kenny Dalgish

Komentar

  1. sama nih sis...kita sama2 ngefans liverpool, kalo saya ngefans karna loyalitas, kesetiaan, dan air mata para pendukungnya...yang membuat saya jatuh hati pada liverpool...dan yang paling buat ak salut adalah rasa hormat seluruh sudut istana inggris terhadap team liverpoolFC...karna pada era 70' dan 80'nama inggris di perbincangkan di dunia berkat liverpool....ini adalah team kebanggaan, kehormatan. dan seharusnya pemaen liverpool seharusnya bangga menggunakan jersey liverpool, karna liverpool bukan sembarangan team... tapi PERSATUAN "YOU'll NEVER WALK ALONE"

    BalasHapus
  2. Kita-kita ini sama ya..., sy amat sangat suka Liverpool..., tak peduli mereka lagi champion atw terdegradasi.... Sy suka Liverpool... Titik!

    BalasHapus
  3. YOU'LL NEVER WALK ALONE... I'M REDS... !!! WALK ON, WALK ON... WITH HOPE IN YOUR HEART... AND YOU'LL NEVER WALK ALONE....!!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer